Rabu, 11 Desember 2013

Proposal Pelatihan Kompetensi Guru



A.  Latar Belakang
Salah satu komponen penting dalam kebijakan Direktorat PLP Departemen Pendidikan Nasional adalah pelatihan bagi guru. Alasannya dibuat pelatihan kompetensi guru ini karena kegiatan pelatihan bagi guru, pada dasarnya merupakan suatu bagian yang integral dari manajemen dalam bidang ketenagaan disekolah. Kegiatan pelatihan ini tentu saja dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi sumber daya manusia tersebut sehingga proses penyelenggaraan pendidikan dapat ditingkatkan. Bagi guru, setelah mereka mengikuti pelatihan diharapkan memiliki paling tidak tiga kompetensi pokok, yaitu penguasaan mata pelajaran yang diajarkan, metodologi pengajaran, dan evaluasi hasil belajarnya, serta peragaan unjuk kerja yang merupakan pengintegrasian dari ketiga kompetensi pokok tersebut. Dapat memperoleh keunggulan kompetitif, lebih kreatif dan inovatif menciptakan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan, dan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Pelatihan yang efektif, akan berdampak pada mutu output para siswa didik. Untuk sebuah pencapaian nilai pendidikan yang bermutu tinggi, setiap guru di Indonesia haruslah mendapatkan pelatihan dalam bidang pendidikan yang baik, dan dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan kata lain, mereka dapat bekerja secara lebih produktif dan mampu meningkatkan kualitas kinerjanya.
B. Nama Pelatihan
Nama Pelatihan  : Pelatihan Kompetensi Guru
C. Tujuan Pelatihan
a)    Upaya untuk mengembangkan pengetahuan, menciptakan tenaga pendidik yang professional, terampil, dan meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebagai bagian dari proses peningkatan mutu pendidikan.
b)    Meningkatkan efektivitas pelatihan, dengan penjelasan bahwa hasil nyata kompetensi yang dicapai oleh peserta pelatihan harus benar- benar sesuai dengan kompetensi yang memang diperlukan oleh peserta pelatihan.
c)    Meningkatkan efesiensi, dengan penjelasan bahwa pelatihan diberikan hanya sebatas yang diperlukan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sebagai tenaga kependidikan professional, tidak berlebih dari kompetensi yang diperlukan (karena menyebabkan pemborosan) dan juga tidak kurang dari kompetensi yang dipersyaratkan (karena tidak akan memenuhi kualifikasi sebagai professional).
d)    Meningkatkan pemerataan pelatihan, karena dengan pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi, jumlah peserta pelatihan dapat dijangkau lebih banyak.

D. Sasaran Pelatihan
1.    Masyarakat umum yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan dunia pendidikan.
2.    Guru atau tenaga pendidik mulai dari jenjang (SD, SMP, dan SMA), baik yang berstatus negeri maupun  swasta. Jumlah kuota peserta pelatihan kompetensi guru dibatasi maksimal 25 orang, dan mereka akan mengikuti PKG kurang lebih selama 60 jam atau 6 hari. Pada tahap  awal peserta pelatihan harus memenuhi kualifikasi minimal sebagai berikut:
Ø  Usia                :   23 tahun – 40 tahun
Ø  Pendidikan   : Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma tiga (D-III).
Ø  Memiliki pengalaman mengajar 1 tahun.

E.   Kompetensi
Kompetensi yang akan diperoleh setelah mengikuti pelatihan ini adalah:
1.    Peserta memiliki pengetahuan menciptakan tenaga pendidik yang professional, terampil, dan meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebagai bagian dari proses peningkatan mutu pendidikan.
2.    Peserta memiliki rasa percaya diri, menggali potensi yang ada dan dapat mempunyai peranan penting dalam pengembangan dan sekaligus penyebaran ilmu dan teknologi perlu mendapatkan layanan penguasaan iptek untuk menghadapi era komunikasi global.
3.    Peserta dapat informasi tentang berbagai program yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dalam rangka pertumbuhan masing-masing secara teknikal dan intelektual,
4.    Peserta dapat meningkatkan kepuasan kerja; semakin besarnya pengakuan atas kemampuan seseorang; makin besarnya tekad guru untuk lebih mandiri; dan mengurangi ketakutan menghadapi tugas-tugas baru di masa depan.
5.    Peserta mampu mengaplikasikan cara guru yang berprofesional dalam proses pembelajaran.
6.    Peserta mampu analisis kurikulum yang berorientasi pada penggalian potensi siswa untuk diwujudkan menjadi kompetensi dasar yang dimiliki siswa sebagai peserta didik dan mampu melaksanakan proses belajar mengajar dengan orientasi pembelajaran pada penggalian dan penataan potensi siswa.
7.    Peserta mampu menyusun perangkat pembelajaran yang dimulai dari memahami, dan mampu menyusun silabus pembelajaran, rencana pelajaran, dan menyusun perangkat evaluasi pembelajaran yang bercirikan belajar tuntas.
8.    Peserta mempunyai peran dan fungsi yang penting dalam memajukan pendidikan. Kompetensi Guru senantiasa perlu dibina dan dikembangkan agar dapat menjalankan tugasnya secara optimal dan proses kenaikan pangkatnya lancar.

F.    Jangka Waktu Pelatihan
Dilaksanakan pada hari sabtu - jumat23 - 29  November 2013 (7 hari 6 malam) dikarenakan menyesuaikan dengan 60 JP yang telah ada di struktur kurikulum.
G.   Tempat Pelatihan
Tempat pelatihan ini akan dilaksanakan di Villa Sido Mukti – Aula Sido Mukti Kp Sinarwangi Rt 04 Rw 05 Ds Sukajadi Kec Taman sari 16610 Kab Bogor.

Rute : Exit tol BOGOR - Lampu merah - kanan - Tugu Kujang - Lurus - Pertigaan - Kiri - Lapangan Sempur - Lampu merah - Kiri - Istana Bogor - Lurus - Lampu merah - Lurus - Ramayana BTM / Bogor Trade Mall - Putar arah - Empang - Lampu merah - Kanan - Pertigaan pancasan - Kiri - Lurus terus ikutin angkot 03 Ramayana Ciapus.
Facilities include :
1.    Akomodasi 1 night at Sido Mukti Village.
2.    3 Meal ( Dinner, Breakfast & Lunch).
3.    2 Snack (Welcome Drink & Coffea Break).
4.    Writing Material.
5.    Candy
6.    Mineral Water.
7.    Over Head Projektor / OHP.
Fasilitas di lokasi villa sido mukti :
1.    Restaurant.
2.    Paviliun.
3.    WiFi ( Tahap instalasi )
4.    Breakfast buffet.
5.    Karaoke hall.
6.    Parking area (valet & jalan)
7.    24-hour room service.
8.    Play ground area.
9.    Lapangan terbuka.
10. Aula / Meeting room.
11. Swimming pool anak & dewasa.
12. Futsal area (Tahap pembangunan)
13. Pemancingan (Tahap pembagunan)
14. Kid's Outbond area (Kid’s Funny Games Area, Hiking, Camp Activity,  Education Kid’s Camp, Rafting Cianten Cibungbulang, Paint Ball  Jungle dll).
15. Pre Wedding, Shooting Video Area, Fun Outbond Package, Family Gathering Package, Meeting Package, & Catering.
Note:
Ø  Min Order 15pax [Dibawah 15pax harga tiap villa tidak termasuk makan] dan no Booking via phone / sms, Reservasi by DP 50%.
Ø  DP 50% diterima H-7 [DP tercepat masuk itu yang kami ambil], perubahan jumlah orang dan apapun kami layani hanya di H-3. Terjadi pengurangan jumlah peserta di hari H, tidak akan kami layani. Perubahan via sms 085691168112 pembatalan DP hangus, konfirmasi setelah transfer DP & perubahan kami terima via sms ke 085691168112, dan Nego sampai DEAL diatas 150orang [DP H-14 & Perubahan H-7] dan kami sarankan survey untuk kenyamanan anda menginap nanti nya. Komplain hari H tidak kami layanin.
Ø  Kapasitas 130 orang [6 rumah/villa & 15 kamar] & Model SEMI BARAK.
Ø  Akomodasi dan menu makan dari villa dan harga Aula/Meeting Room 2 hari 1 malam Rp 500.000.
Reservasi hanya via DP / Down Payment 50%, tidak melayani BOOKING via telephone atau SMS. Reservasi by DP kami layani H-7 dan untuk perubahan apapun hanya dilayani dan diterima via SMS H-3. Harga paket belum termasuk service 5%.

A.   Tahapan Pelatihan
1.    Tahap Pendahuluan
Tahap pendahuluan di awali dengan beberapa kegiatan, yaitu:
a)    pembacaan doa untuk kelancaran pelatihan
b)    sambutan dari ketua panitia
c)     menerangkan maksud dan tujuan dari pelatihan kompetensi guru secara keseluruhan termasuk visi dan misi oleh panitia pelatihan.
Pengisian materi awal bersifat umum mengenai konsep awal tentang kompetensi guru sekaligus motivasi yang diberikan oleh narasumber pelatihan kompetensi guru oleh Dr. Wahyu Sri Ambar Arum M.A.


2.    Tahap Inti
Tahapan inti dari pelatihan kompetensi guru ini yaitu mulai memasuki materi pelatihan yang sudah ditentukan dalam silabus. silabus yang telah dibuat memuat 13 kompetensi dasar yang diharapkan para peserta menguasai teori serta praktik kompetensi guru yang baik. Adapun materi yang diajarkan yaitu:
a)    Definisi kompetensi guru
b)    Prinsip dasar kompetensi guru
c)    Jenis dan metode kompetensi guru
d)    Diskusi dan evaluasi dasar-dasar kompetensi guru
e)    Tips-tips membangun percaya diri dalam mengajar
f)     Praktek performence
g)    Evaluasi dan latihan pembuatan karya ilmiah dan buku teks pembelajaran.
3.    Tahap Workshop (Pendalaman)
Tahap workshop dalam pelatihan ini yaitu evaluasi secara berlangsung serta praktik dari awal materi sampai akhir materi agar para peserta bisa lebih mendalami mengenai teori dan praktik dari kompetensi guru, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan menggali potensi yang ada pada setiap peserta pelatihan kompetensi guru.

B.   Struktur Kurikulum
NO
KOMPETENSI
MATA DIKLAT
JPL
A
KOMPETENSI UTAMA

Teori
Praktek
1
Memahami konsep awal tentang kompetensi guru.
a). Materi standar kompetensi guru.
1
-
b). Pengembangan kompetensi guru.
1
-
c). Pemberdayaan kompetensi guru.
1
-
2
Pemahaman kompetensi-kompetensi guru, MBS, & penilaian berbasis kelas.
d). Materi macam-macam kompetensi guru.
1
-
e). Materi manajemen berbasis sekolah (MBS).
1
-
f). Materi tentang penilaian berbasis kelas.
1
-
3
Pemahaman tentang konsep profesionalisme, keprofesian berkelanjutan, & penilaian kinerja guru.
g). Materi tentang mengembangkan profesionalisme  guru.
2
-
h). Materi pengembangan keprofesian berkelanjutan.
1
-
i). Materi penilaian kinerja guru.
2
-
4
Memahami konsep dan mampu Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
j). Materi konsep dan cara Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
3
5
5
Mengetahui tentang konsep kurikulum 2013 dan supervisi pendidikan
k). Materi tentang Kurikulum 2013
4
-
l). Materi tentang Supervisi Pendidikan
4
-
B
KOMPETENSI PENDUKUNG



6
Memahami     konsep dan mampu melatih kepemimpinan siswa & organisasi sekolah.
m). Materi konsep cara melatih kepemimpinan siswa.
2
4
n). Materi tentang organisasi sekolah.
2
-
7
Mengetahui tentang konsep metodologi dan media pembelajaran guru.
o). Materi tentang mengembangkan dan membuat metodologi guru.
4
-
p). Media pembelajaran guru.
4
-
8
Memahami dan mampu pengembangan dan pengelolaan program sekolah.
q). Materi tentang konsep cara pengembangan & pengelolaan program sekolah.
6
-
9
Mengetahui tentang desain pembelajaran berbasis kompetensi.
r). Materi tentang konsep desain pembelajaran berbasis kompetensi.
3
-
10
Pemahaman tentang konsep PTK & authentic assessment.
s). Materi tentang konsep dan latihan penelitian tindakan kelas (PTK) & authentic assessment.
3
5
C
KOMPOTENSI LAINNYA



11
Memahami konsep dalam karya ilmiah dan cara penulisan buku teks pembelajaran.
t). Materi tentang konsep dan latihan penyusunan karya ilmiah & penulisan buku teks pembelajaran.
4
4
12
Memahami konsep dan mampu dalam pembentukkan karakter siswa.
u). Materi tentang konsep & cara melatih pembentukkan karakter. siswa.
2
2
13
Mengetahui konsep dan mampu dalam pembelajaran melalui IT.
v). Materi konsep dan latihan pembelajaran melalui IT.
3
5

JUMLAH

55
25
NB: 1 JPL = 45 Menit


C.   Metode Pelatihan
Metode pelatihan yang akan dilakukan pada saat pelatihan kompetensi guru ini berlangsung yaitu menggunakan metode pelaksanaan berupa ceramah, tanya jawab, penugasan kelompok, pemberian tugas mandiri, praktek, dan diskusi.
D.   Persyaratan Calon Peserta
Peserta yang mengikuti pelatihan ini harus memenuhi syarat:
1)  Guru berpengalaman 1 tahun mengajar.
2)  Bertempat tinggal di wilayah JABODETABEK.
3)  Usia 23 tahun – 45 tahun.
4)  2 lembar pas foto 3 X 4 dan 2 lembar foto copy KTP
5)  Guru harus sudah menguasai kompetensi bidangnya masing-masing.
6)  Memiliki motivasi yang kuat dalam mengikuti pelatihan kompetensi guru.
7)  Membawa laptop atau notebook.

E.   Narasumber atau Pembicara
1.     Dr. Wahyu Sri Ambar Arum M.A (Univertsitas Negeri Jakarta)
2.    Dr. Wahyuni Wulansari M.pd (Universitas Indonesia)
3.    Dr, Heri Susanto S.E (Universitas Indonesia)
4.    Dr. Hj. Rugaiyah,M.Pd. (Univertsitas Negeri Jakarta)
5.    Dr.Rudi Hariyanto S.E (Universitas Indonesia)
6.    Dr. Ardianty Wulansari S.E (Universitas Indonesia)
7.    Prof.Dr.Sugihartono M.pd (Universitas Indonesia)
8.    Dr. Sri Rahayu S.E (Univertsitas Indonesia)
9.    Dr. Budi Utomo S.kom (Universitas Gajah Mada)
F.    Pembiayaan
Pembiayaan di pelatihan kompetensi guru ini 90 % berasal dari dana yang dibayarkan oleh peserta kepada lembaga perusahaan. Sedangkan dana dari sponsor 10% berasal dari sponsor. Semua total biaya per peserta yaitu : Rp. 5.903.640. Dana dari peserta : 90% X Rp. 5.903.640 = Rp. 5. 313.276. Dana dari sponsor : 10% X 5.903.640 Rp. = Rp. 590.364. Jadi biaya yang harus dibayarkan oleh peserta dalam pelatihan kompetensi guru hanya Rp. 5.903.640. Karena sebesar 10% telah ditanggung oleh sponsor. Dengan rincian pembiayaan sebagai berikut : 1. Dana yang dibutuhkan Rp. 122.992.500. 2. Perkiraan dana yang di dapat  Rp. 983.940

G.   Penyelenggaraan
Nama Lembaga : Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Alamat                : Jl. Pulogebang  Blok E.3 Cakung Jakarta Timur
No telp                : (021) 4808236 / 089602769798
No Fax                : (021) 4808236
Emaill                  : pendidikantenagakependidikan@gmail.com
Blog                    :lembagapendidikantenagakependidikan.blogspot.com


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar