A. Latar Belakang
Salah satu komponen penting dalam
kebijakan Direktorat PLP Departemen Pendidikan Nasional adalah pelatihan bagi
guru. Alasannya dibuat pelatihan kompetensi guru ini karena kegiatan pelatihan
bagi guru, pada dasarnya merupakan suatu bagian yang integral dari manajemen
dalam bidang ketenagaan disekolah. Kegiatan pelatihan ini tentu saja
dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi sumber daya manusia
tersebut sehingga proses penyelenggaraan pendidikan dapat ditingkatkan. Bagi guru,
setelah mereka mengikuti pelatihan diharapkan memiliki paling tidak tiga
kompetensi pokok, yaitu penguasaan mata pelajaran yang diajarkan, metodologi
pengajaran, dan evaluasi hasil belajarnya, serta peragaan unjuk kerja yang
merupakan pengintegrasian dari ketiga kompetensi pokok tersebut. Dapat
memperoleh keunggulan kompetitif, lebih kreatif dan inovatif menciptakan
pembelajaran yang asyik dan menyenangkan, dan dapat memberikan pelayanan yang
sebaik-baiknya. Pelatihan yang efektif, akan berdampak pada mutu output para siswa didik. Untuk sebuah pencapaian nilai
pendidikan yang bermutu tinggi, setiap guru di Indonesia haruslah mendapatkan pelatihan dalam bidang pendidikan
yang baik, dan dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan kata lain,
mereka dapat bekerja secara lebih produktif dan mampu meningkatkan kualitas
kinerjanya.
B. Nama Pelatihan
Nama
Pelatihan : Pelatihan Kompetensi Guru
C. Tujuan Pelatihan
a) Upaya
untuk mengembangkan pengetahuan, menciptakan tenaga pendidik yang professional,
terampil, dan meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebagai
bagian dari proses peningkatan mutu pendidikan.
b) Meningkatkan
efektivitas pelatihan, dengan penjelasan bahwa hasil nyata kompetensi yang
dicapai oleh peserta pelatihan harus benar- benar sesuai dengan kompetensi yang
memang diperlukan oleh peserta pelatihan.
c) Meningkatkan
efesiensi, dengan penjelasan bahwa pelatihan diberikan hanya sebatas yang
diperlukan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sebagai tenaga
kependidikan professional, tidak berlebih dari kompetensi yang diperlukan
(karena menyebabkan pemborosan) dan juga tidak kurang dari kompetensi yang
dipersyaratkan (karena tidak akan memenuhi kualifikasi sebagai professional).
d) Meningkatkan
pemerataan pelatihan, karena dengan pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi,
jumlah peserta pelatihan dapat dijangkau lebih banyak.
D. Sasaran Pelatihan
1. Masyarakat umum
yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan dunia pendidikan.
2. Guru atau tenaga
pendidik mulai dari jenjang (SD, SMP, dan SMA), baik yang berstatus negeri
maupun swasta. Jumlah kuota
peserta
pelatihan
kompetensi guru dibatasi maksimal 25 orang,
dan mereka akan mengikuti PKG kurang lebih selama 60 jam atau 6 hari. Pada
tahap awal peserta pelatihan harus memenuhi kualifikasi minimal sebagai
berikut:
Ø Usia : 23 tahun
– 40 tahun
Ø Pendidikan :
Memiliki
kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma tiga (D-III).
Ø Memiliki
pengalaman mengajar
1 tahun.
E.
Kompetensi
Kompetensi
yang akan diperoleh setelah mengikuti pelatihan ini adalah:
1. Peserta
memiliki pengetahuan menciptakan tenaga pendidik yang professional, terampil,
dan meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebagai bagian
dari proses peningkatan mutu pendidikan.
2. Peserta
memiliki rasa percaya diri, menggali potensi yang ada dan dapat mempunyai
peranan penting dalam pengembangan dan sekaligus penyebaran ilmu dan teknologi
perlu mendapatkan layanan penguasaan iptek untuk menghadapi era komunikasi
global.
3. Peserta
dapat informasi tentang berbagai program yang dapat dimanfaatkan oleh para guru
dalam rangka pertumbuhan masing-masing secara teknikal dan intelektual,
4. Peserta
dapat meningkatkan kepuasan kerja; semakin besarnya pengakuan atas kemampuan
seseorang; makin besarnya tekad guru untuk lebih mandiri; dan mengurangi
ketakutan menghadapi tugas-tugas baru di masa depan.
5. Peserta
mampu mengaplikasikan cara guru yang berprofesional dalam proses pembelajaran.
6. Peserta mampu analisis kurikulum yang berorientasi
pada penggalian potensi siswa untuk diwujudkan menjadi kompetensi dasar yang
dimiliki siswa sebagai peserta didik dan mampu melaksanakan proses belajar
mengajar dengan orientasi pembelajaran pada penggalian dan penataan potensi
siswa.
7. Peserta mampu menyusun perangkat pembelajaran yang
dimulai dari memahami, dan mampu menyusun silabus pembelajaran, rencana
pelajaran, dan menyusun perangkat evaluasi pembelajaran yang bercirikan belajar
tuntas.
8. Peserta
mempunyai peran dan fungsi yang penting dalam memajukan pendidikan. Kompetensi
Guru senantiasa perlu dibina dan dikembangkan agar dapat menjalankan tugasnya
secara optimal dan proses kenaikan pangkatnya lancar.
F.
Jangka
Waktu Pelatihan
Dilaksanakan
pada hari sabtu - jumat, 23 - 29 November 2013 (7 hari 6 malam) dikarenakan
menyesuaikan dengan 60 JP yang telah ada di struktur kurikulum.
G.
Tempat
Pelatihan
Tempat
pelatihan ini akan dilaksanakan di Villa Sido Mukti – Aula Sido Mukti Kp Sinarwangi Rt 04 Rw 05 Ds Sukajadi Kec Taman sari 16610 Kab Bogor.
Rute : Exit tol BOGOR
- Lampu merah - kanan - Tugu Kujang - Lurus - Pertigaan - Kiri - Lapangan
Sempur - Lampu merah - Kiri - Istana Bogor - Lurus - Lampu merah - Lurus -
Ramayana BTM / Bogor Trade Mall - Putar arah - Empang - Lampu merah - Kanan -
Pertigaan pancasan - Kiri - Lurus terus ikutin angkot 03 Ramayana Ciapus.
Facilities include :
1. Akomodasi
1 night at Sido Mukti Village.
2. 3
Meal ( Dinner, Breakfast & Lunch).
3. 2
Snack (Welcome Drink & Coffea Break).
4. Writing
Material.
5. Candy
6. Mineral
Water.
7.
Over
Head Projektor / OHP.
|
Fasilitas di lokasi villa sido
mukti :
1.
Restaurant.
2.
Paviliun.
3.
WiFi
( Tahap instalasi )
4.
Breakfast
buffet.
5.
Karaoke
hall.
6.
Parking
area (valet & jalan)
7.
24-hour
room service.
8.
Play
ground area.
9.
Lapangan
terbuka.
10. Aula / Meeting room.
11. Swimming pool anak & dewasa.
12. Futsal area (Tahap pembangunan)
13. Pemancingan (Tahap pembagunan)
14. Kid's Outbond area (Kid’s Funny
Games Area, Hiking, Camp Activity, Education Kid’s Camp, Rafting Cianten Cibungbulang, Paint Ball Jungle dll).
15. Pre Wedding,
Shooting Video Area, Fun Outbond Package, Family Gathering Package, Meeting
Package, & Catering.
|
Note:
Ø
Min Order 15pax [Dibawah 15pax harga tiap villa tidak
termasuk makan] dan no Booking via phone / sms, Reservasi by DP 50%.
Ø
DP 50% diterima H-7 [DP tercepat masuk itu yang kami ambil],
perubahan jumlah orang dan apapun kami layani hanya di H-3. Terjadi pengurangan
jumlah peserta di hari H, tidak akan kami layani. Perubahan via sms
085691168112 pembatalan DP hangus, konfirmasi setelah transfer DP &
perubahan kami terima via sms ke 085691168112, dan Nego sampai DEAL diatas
150orang [DP H-14 & Perubahan H-7] dan kami sarankan survey untuk
kenyamanan anda menginap nanti nya. Komplain hari H tidak kami layanin.
Ø
Kapasitas 130 orang [6 rumah/villa & 15 kamar]
& Model SEMI BARAK.
Ø
Akomodasi dan menu makan dari villa dan harga
Aula/Meeting Room 2 hari 1 malam Rp 500.000.
Reservasi hanya via DP / Down Payment 50%, tidak
melayani BOOKING via telephone atau SMS. Reservasi by DP kami layani H-7 dan
untuk perubahan apapun hanya dilayani dan diterima via SMS H-3. Harga paket
belum termasuk service 5%.
A.
Tahapan
Pelatihan
1.
Tahap
Pendahuluan
Tahap pendahuluan di awali dengan beberapa
kegiatan, yaitu:
a) pembacaan
doa untuk kelancaran pelatihan
b) sambutan
dari ketua panitia
c) menerangkan maksud dan tujuan dari pelatihan
kompetensi guru secara keseluruhan
termasuk visi dan misi oleh panitia
pelatihan.
Pengisian materi awal bersifat umum
mengenai konsep awal tentang kompetensi guru sekaligus
motivasi yang diberikan oleh narasumber pelatihan kompetensi guru oleh Dr. Wahyu Sri Ambar Arum M.A.
2.
Tahap
Inti
Tahapan
inti dari pelatihan kompetensi guru ini yaitu mulai memasuki materi pelatihan
yang sudah ditentukan dalam silabus. silabus yang telah dibuat memuat 13
kompetensi dasar yang diharapkan para peserta menguasai teori serta praktik
kompetensi guru yang baik. Adapun materi yang diajarkan yaitu:
a) Definisi
kompetensi guru
b) Prinsip
dasar kompetensi guru
c) Jenis
dan metode kompetensi guru
d) Diskusi
dan evaluasi dasar-dasar kompetensi guru
e) Tips-tips
membangun percaya diri dalam mengajar
f) Praktek
performence
g) Evaluasi
dan latihan pembuatan karya ilmiah dan buku teks pembelajaran.
3. Tahap Workshop (Pendalaman)
Tahap
workshop dalam pelatihan ini yaitu evaluasi secara berlangsung serta praktik
dari awal materi sampai akhir materi agar para peserta bisa lebih mendalami
mengenai teori dan praktik dari kompetensi guru, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan menggali potensi yang ada
pada setiap peserta pelatihan kompetensi guru.
B.
Struktur
Kurikulum
NO
|
KOMPETENSI
|
MATA DIKLAT
|
JPL
|
|
A
|
KOMPETENSI UTAMA
|
Teori
|
Praktek
|
|
1
|
Memahami konsep awal tentang kompetensi guru.
|
a). Materi standar kompetensi guru.
|
1
|
-
|
b). Pengembangan kompetensi guru.
|
1
|
-
|
||
c). Pemberdayaan kompetensi guru.
|
1
|
-
|
||
2
|
Pemahaman kompetensi-kompetensi guru, MBS, &
penilaian berbasis kelas.
|
d). Materi macam-macam kompetensi guru.
|
1
|
-
|
e). Materi manajemen berbasis sekolah (MBS).
|
1
|
-
|
||
f). Materi tentang penilaian berbasis kelas.
|
1
|
-
|
||
3
|
Pemahaman tentang konsep profesionalisme,
keprofesian berkelanjutan, & penilaian kinerja guru.
|
g). Materi tentang mengembangkan
profesionalisme guru.
|
2
|
-
|
h). Materi pengembangan keprofesian berkelanjutan.
|
1
|
-
|
||
i). Materi penilaian kinerja guru.
|
2
|
-
|
||
4
|
Memahami konsep dan mampu Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
|
j). Materi konsep dan cara Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
|
3
|
5
|
5
|
Mengetahui tentang konsep kurikulum 2013 dan
supervisi pendidikan
|
k). Materi tentang Kurikulum 2013
|
4
|
-
|
l). Materi tentang Supervisi Pendidikan
|
4
|
-
|
||
B
|
KOMPETENSI PENDUKUNG
|
|||
6
|
Memahami
konsep dan mampu melatih kepemimpinan siswa & organisasi sekolah.
|
m). Materi konsep cara melatih kepemimpinan siswa.
|
2
|
4
|
n). Materi tentang organisasi sekolah.
|
2
|
-
|
||
7
|
Mengetahui tentang konsep metodologi dan media
pembelajaran guru.
|
o). Materi tentang mengembangkan dan membuat
metodologi guru.
|
4
|
-
|
p). Media pembelajaran guru.
|
4
|
-
|
||
8
|
Memahami dan mampu pengembangan dan pengelolaan
program sekolah.
|
q). Materi tentang konsep cara pengembangan &
pengelolaan program sekolah.
|
6
|
-
|
9
|
Mengetahui tentang desain pembelajaran berbasis
kompetensi.
|
r). Materi tentang konsep desain pembelajaran
berbasis kompetensi.
|
3
|
-
|
10
|
Pemahaman tentang konsep PTK & authentic assessment.
|
s). Materi tentang konsep dan latihan penelitian
tindakan kelas (PTK) & authentic assessment.
|
3
|
5
|
C
|
KOMPOTENSI LAINNYA
|
|||
11
|
Memahami konsep dalam karya ilmiah dan cara
penulisan buku teks pembelajaran.
|
t). Materi tentang konsep dan latihan penyusunan karya ilmiah &
penulisan buku teks pembelajaran.
|
4
|
4
|
12
|
Memahami konsep dan mampu dalam pembentukkan
karakter siswa.
|
u). Materi tentang konsep & cara melatih
pembentukkan karakter. siswa.
|
2
|
2
|
13
|
Mengetahui konsep dan mampu dalam pembelajaran
melalui IT.
|
v). Materi konsep dan latihan pembelajaran melalui
IT.
|
3
|
5
|
JUMLAH
|
55
|
25
|
NB:
1 JPL = 45 Menit
C.
Metode
Pelatihan
Metode pelatihan yang akan dilakukan
pada saat pelatihan kompetensi guru ini berlangsung yaitu menggunakan metode
pelaksanaan berupa ceramah, tanya jawab, penugasan kelompok,
pemberian tugas mandiri, praktek, dan diskusi.
D.
Persyaratan
Calon Peserta
Peserta
yang mengikuti pelatihan ini harus memenuhi syarat:
1) Guru
berpengalaman 1 tahun mengajar.
2) Bertempat
tinggal di wilayah JABODETABEK.
3) Usia
23 tahun – 45 tahun.
4) 2
lembar pas foto 3 X 4 dan 2 lembar foto copy KTP
5) Guru
harus sudah menguasai kompetensi bidangnya masing-masing.
6) Memiliki
motivasi yang kuat dalam mengikuti pelatihan kompetensi guru.
7) Membawa
laptop atau notebook.
E.
Narasumber
atau Pembicara
1. Dr.
Wahyu Sri Ambar Arum M.A (Univertsitas
Negeri Jakarta)
2. Dr.
Wahyuni Wulansari M.pd (Universitas
Indonesia)
3.
Dr,
Heri Susanto S.E (Universitas Indonesia)
4.
Dr.
Hj. Rugaiyah,M.Pd. (Univertsitas Negeri Jakarta)
5.
Dr.Rudi
Hariyanto S.E (Universitas Indonesia)
6.
Dr.
Ardianty Wulansari S.E (Universitas Indonesia)
7.
Prof.Dr.Sugihartono
M.pd (Universitas Indonesia)
8.
Dr.
Sri Rahayu S.E (Univertsitas Indonesia)
9.
Dr.
Budi Utomo S.kom (Universitas Gajah Mada)
F. Pembiayaan
Pembiayaan di pelatihan kompetensi guru
ini 90 % berasal dari dana yang dibayarkan oleh peserta kepada lembaga
perusahaan. Sedangkan dana dari sponsor 10% berasal dari sponsor. Semua total
biaya per peserta yaitu : Rp. 5.903.640.
Dana dari peserta : 90% X Rp. 5.903.640 = Rp. 5. 313.276. Dana dari sponsor : 10% X 5.903.640 Rp. = Rp. 590.364. Jadi biaya yang harus dibayarkan oleh peserta dalam pelatihan kompetensi
guru hanya Rp. 5.903.640.
Karena sebesar 10% telah ditanggung oleh sponsor. Dengan rincian pembiayaan
sebagai berikut : 1. Dana yang dibutuhkan Rp. 122.992.500. 2. Perkiraan dana yang di dapat Rp. 983.940
G. Penyelenggaraan
Nama
Lembaga : Lembaga Pendidikan Tenaga
Kependidikan
Alamat
: Jl. Pulogebang Blok E.3 Cakung Jakarta Timur
No
telp : (021) 4808236 / 089602769798
No
Fax :
(021) 4808236
Blog :lembagapendidikantenagakependidikan.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar